Biaya Pembuatan iPad Cuma Setengah Harga Jual

0 komentar







Riset yang dilakukan iSuppli Corp memperlihatkan bahwa ongkos pembuatan iPad, produk baru buatan Apple sekitar setengah dari harga jualnya. iSuppli memperkirakan biaya pembuatan iPad sebesar 260 dollar AS atau 52 persen dari harga jual paling murah yakni mulai harga 499 dollar AS.

Menurut iSuppli yang berbasis di El Segundo, California, seperti dilansir situs BusinessWeek, komponen termahal adalah layarnya yang diperkirakan seharga 95 dollar AS. Harga layar yang didesain sangat sensitif itu hampir dua kali lipat harga layar netbook yang seukuran 9,7 inci itu. Pemasok layar tersebut adalah LG Display, Samsung, dan Seiko Epson serta Wintek Corp Taiwan sebagai produsen lapisan kaca yang mendeteksi sentuhan jari.

Untuk prosesornya, Apple A4 yang didesain sendiri oleh Apple diperkirakan seharga 26,8 dollar AS. Prosesor yang hanya diberi gamabra logo Apple ini diperkirakan buatan Samsung sesuai bentuknya. Meski ada kemungkinan juga buatan PA Semi, produsen cip semikonduktor yang dibeli Apple senilai 278 juta dollar AS tahun 2008.

Komponen lainnya, cip memori flash, dipasok dari berbagai perusahaan termasuk Samsung salah satunya dengan harga 29,50 dollar AS untuk tipe 16 GB, 59 dollar AS untuk 32 GB, dan 118 dollar As untuk 64 GB. Perbedaan cip memori membuat biaya pembuatan iPad naik menjadi 289,1 dollar AS untuk tipe 32 GB yang dijual 599 dollar AS serta naik menjadi 348,1 dollar AS untuk tipe 64 GB yang dijual 699 dollar AS.

Cip lainnya yang digunakan iPad untuk akses Bluetooth dan WiFi dibuat Broadcom Corp. dengan harga 8,05 dollar AS. Broadcom juga memasok dua cip lainnya untuk mengendalikan fungsi layar sentuh dengan harga 3,7 dollar AS. Texas Instruments juga memasok cip untuk mendukung sistem kendali layar sentuh dengan harga 1,8 dollar AS dan Cirrus Logic menyuplai cip audio dengan harga 1,2 dollar AS.

Selain itu, casing alumunium menghabiskan dana 10,50 dollar AS. Sisanya perkiraan harga untuk software dan sistem user interface yang didesain khusus untuk iPad. Meski demikian, tak satu pun pemasok yang menkonfirmasi laporan iSuppli. Apple juga tak memberi komentar terhadap hasil investigasi tersebut.

0 komentar:

Poskan Komentar

Pengunjung yang Baik adalah Selalu meninggalkan Komentar dengan Baik dan Sopan :D