13 orang dibalik Facebook Company

0 komentar





Sebelum mengenalkan orang-orang dibalik Facebook Company (www.facebook.com, m.facebook.com) saya akan memberikan sedikit statistik mengenai Facebook:

1. Pengguna Facebook: Lebih dari 400 juta pengguna di seluruh dunia pada tahun 2010 (tahun 2004 mendekati 1 juta orang; 2005 5,5 juta; 2006 12 juta; 2007 50 juta; 2008 100 juta; 2009 350 juta).

2. Aktivitas di Facebook:
a. Ada lebih dari 160 juta bentuk intraksi antar pengguna facebook (Pages, Groups and Events).
b. Rata-rata setiap pengguna facebook terkoneksi dengan lebih dari 60 Pages, Groups dan Events.
c. Rata-rata setiap pengguna Facebook membuat 70 konten Facebook (status, notes, blogs, weblinks, storis, dsb).
d. Lebih dari 25 juta konten di-share-kan setiap bulan.

3. Global Reach:
a. Lebih dari 70 bahasa diintegrasikan kedalam facebook.
b. 70% pengguna Facebook brasal dari luar Amerika Serikat.

Sekarang, ane kenalin sama Om dan Tante Facebook:


1. Mark Zuckerberg (Founder dan CEO Facebook).

Merupakan pendiri facebook pada tahun 2004, lulusan Harvard University jurusan Computer Science. Dia yang bertanggungjawab terhadap segala urusan dan strategy prusahaan. (Gak perlu panjang lebar, udah banyak yang tau tentang Mark, jadi dikit aja)

2. Christopher Cox (Vice President of Product).

Dia yang bertanggung jawab terhadap untuk mengatur strategy dan menejemen produk-produk Facebook, termasuk juga desain. Chris bergabung dengan Facebook pada tahun 2005 sebagai Software Engineer, dimana dia mengimplementasikan sesuatu yang menjadi kunci kesuksesan facebook, yaitu penggunaan news feed (status) dan inbox. Chris kemudian angkat menjadi direktur Litbang dan HRD, yang bertugas untuk mengembangkan visi, misi dan strategy. Christopher merupakan lulusan Bachelor's Degree bidang Symbolic System dengan konsentrasi Artificial Intellegence dari Universitas Stanford.

3. David Ebersman (Chief Financial Officer).

Sudah barang tentu, orang ini mengepalai bidang keuangan. Sebelum brgabung dengan Facebook pada tahun 2009, David bekerja di Genentech Inc., sebuah perusahaan yang brgerak dalam bidang Bioteknologi. David pernah juga bekerja di Oppenheimer & Company Inc sebagai research analyst. David merupakan lulusan dari Universitas Brown.

4. David Fischer (VP of Advertising and Global Operations).

Mengepalai bidang advertasi, marketing, dan customer operations. Dia bergabung di Facebook setelah tujuh tahun bekerja di Google Inc., juga sebagai VP Global Operations Sales and Operations. David Fischer merupakan lulusan Bachelor's Degree jurusan pemerintahan dari Universitas Cornell dan MBA dari Universitas Stanford.

5. Lori Goler (VP of Human Resources and Recruiting)

kalo pengen bergabung sama Facebook Company, agan pasti diwawancara sama orang ini, Lori Goler. Perempuan satu ini bertanggung jawab terhadap seluruh strategy pengembangan, dan retraining tim Facebook. Sebelumnya Lori bekerja di e-Bay, situs lelang terkenal mengepalai bidang yang sama yang bertugas terhadap strategy marketing, advertasi, brand management, dan promosi. Lori juga sebagai founding member di babystyle.com dimana dia mengepalai bidang operasi dan merchandising. Lori berkarir pertama kali di The Walt Disney Company, fokus kepada plan strategi produk, strategi bisnis dan pelanggan. Lori mrupakan lulusan bachelor's degree Universitas Yale, master bidang administrasi bisnis dari Universitas Harvard dan master public policy dari Kennedy School of Government.

6. Jonathan Heiliger (VP of Technical Operations)

Singkatnya, si Jonathan ini kepala TI-nya Facebook. Segala yang berhubungan sama TI, dia yang bertanggung jawab. Sebelum bergabung di Facebook, Jonathan selama 7 tahun bekerja di Loudcloud (kemudian berubah menjadi Opsware sebelum akhirnya diakuisisi oleh HP).

7. Mike Murphy (VP of Global Sales)

Mengepalai bidang strategi media, advertasi dan manajemen. Sebelumnya Mike bekerja di Yahoo! sebagai VP of Media Sales wilayah regional barat Amerika. Mike merupakan lulusan bachelor's degree dari Univrsitas Texas.

8. Dan Rose (VP of Partnerships and Platform Marketing)

Dan bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan pengembangan bisnis dan marketing Facebook. Sebelumnya, Dan bekrja di Amazon.com, dimana dia duduk di beberapa posisi dalam ruang lingkup pengembangan bisnis dan manajemen, termasuk pengembangan fasilitas Amazon Kindle. Dan lulusan bachelor's degree Universitas Harvard. Disaat yang bersamaan dia juga duduk sebagai petinggi Borders Group, Inc.

9. Sheryl Sandberg (Chief Operating Officer)

Mengepalai urusan bisnis, termasuk sales, marketing, human resources, public policy dan komunikasi. Sebelum di Facebook, Sheryl bekerja di Google.com sebagai Vice President of Global Online Sales and Operations. Pernah juga bekerja sebagai ekonom di Bank Dunia. Sheryl menerima B.A summa cum laude dalam bidang ekonomi dari Universitas Harvard, dan memenangkan John H. Williams Prize sebagai lulusan mahasiswa terbaik bidang ekonomi.

10. Chamath Palihapitiya (VP of Growth, Mobile and International)

Chamath bertanggung jawab terhadap pengembangan facebook dalam bidang mobile, dan "menduniakan" Facebook. Chamath sebelumnya bekerja di AIM dan ICQ (instant messaging businesses) sebagai VP dan General Manager. Pernah juga di Spinner.com dan Winamp (situs musik). Chamath lulusan dari Universitas Waterloo, Kanada bidang Teknik Elektro.

11. Elliot Schrage (VP of Global Communications, Marketing and Public) Policy

Elliot sebelum bekerja di Facebook, dia bekrja di Google juga Gap Inc., sebagai VP of Communications and Public Affairs. Elliot lulusan Universitas Harvard, serta Master bidang public policy dari Kennedy School of Government and a J.D. from Harvard Law School.

12. Ted Ullyot (VP and General Counsel)

Bertanggung jawab terhadap segala macam legalitas Facebook. Ted pernah bergabung dalam pemerintahan Federal Amerika di Gedung Putih, termasuk sebagai Asisten Deputi Presiden George W. Bush serta Departemen Kehakiman sebagai kepala staff. Dia mengawali karirnya sebagai pengacara di U.S. Supreme Court Justice Antonin Scalia. Ted lulusan bachelor's degree dari Universitas Harvard dan program J.D. (semacam program profesi) dari University of Chicago Law School.

13. Mike Schroepfer (VP of Engineering)

Infrasrtuktur, kreativitas produk, dan segala tetek bengek tentang sarana dan prasarana perusahaan, dia yang bertanggung jawab. Sebelumnya dia bekerja di Mozilla Corp., pada posisi yang sama. Mike mengawali karir di Sun Microsystem (pengembang JAVA) sebagai Chief Technology Officer. Mike merupakan lulusan Universitas Stanford.

0 komentar:

Poskan Komentar

Pengunjung yang Baik adalah Selalu meninggalkan Komentar dengan Baik dan Sopan :D