Membuat AC di Rumah, Sederhana dan Hemat

11 komentar







Hawa panas menyengat akhir belakangan ini. Cari-cari solusi untuk dapetin suasana dingin.
Tapi apa daya ga kuat beli AC ato daya Listrik kurang buat pasang AC.

Uups... setelah browsing sana-sini akhirnya nemu tutorial bikin AC sederhana.
Murah meriah, cuma perlu kreatifitas aja kok!

OK kita mulai deh...

Bahan-bahan :
Kipas angin rumah (Stand/Duduk) ukuran agak besar/seadanya.
Cooper Tubing/Pipa Tembaga ukuran 3/16" panjang terserah. (Beli di toko AC/Perlengkapan AC, Tukang Service AC) 8rb - 13rb/Meter
Cable Ties secukupnya
Pompa akuarium kecil (Beli di toko akuarium) 45-65rb/pcs
Pipa plastik 3/16" Beli di toko bangunan. Harga -
Tandon air (Termos Es) Bisa pake stereofoam bekas tempat ikan.

ESTIMASI PENGELUARAN
Rp. 100.000,-

Harga ga termasuk Kipas Angin, peralatan tambahan, dll

Langkah-langkah!
1. Siapkan Kipas Angin dan Copper Tubing
2. Lilitkan Copper tubing di depan kipas angin.


Usahakan jangan sampai pipa tertekuk/patah


Kencengin pake Kabel Ties

3. Sambungkan Pipa tembaga sama pipa plastik

Tinggal sambung aja. Ga perlu repot.


Kalo pas dapet pipa yg ukurannya beda, bisa dikencengin pake klem. Biar ga bocor

4. Siapin pompa akuarium. cek mana inlet mana outlet. Terserah agan mo pake yg sebelah mana.

Biarkan ujung yang lain bebas. Untuk masuk/keluar air.

Saatnya buat uji coba hasil karya kamu....

Isikan air dingin di Tandon air/Termos Es. Kalo perlu tambahkan ES balok biar dingin!


AC sederhana kamu siap digunakan! Selamat mencoba.




Prinsip kerja sederhan
Air dingin yang dipompakan ke pipa tembaga menyebabkan pipa tersebut menurun suhunya. Sesuai prisip kondensasi.
Suhu dingin di sekitar pipa dihembuskan oleh angin dari kipas.
Secara teknis suhu angin keluar dari kipas lebih dingin dari pada suhu ruang.
Maka, dingin deh ruangannya... Its simple!
Cocok buat kamar yang tertutup (seperti AC sehingga dingin ruangan tetap terjaga dan optimal).

11 komentar:

  1. intim Says:

    mangtabz... thank infonya bro

  1. It's M3.....What bout U???? Says:

    wah capcyuss deh...
    thanks ya gan
    bisa langsung ana coba deh di rmah

  1. Anonim Says:

    kreatif bgt! saluuttt

  1. Hawa Says:

    Dus nya harus di isi air ES ? klo air biasa bisa ngk?

  1. Anonim Says:

    wahhh. . . . gak rpot" gie cari ac eank mhal. . . .!!!!!! :)

  1. purbosari Says:

    good...good....good.......very very saluuuuuut.....

  1. nie_inside Says:

    mantab gan,dah dicoba,,
    sekarng gmn cara mngatasi embun pada tubing yg mnetes,..?,smakin bnyak es,smkin bnyak juga tetesan embun'a,,bisa" fatal kalo sampai mngaliri listrik pd kipas..
    tp gw akui sampean briliiiian bung,salut...gw

  1. Anonim Says:

    sedap.....mayan nih buat kamar anak.....

    thx ya bos
    salam
    Itrax

  1. cupZ Says:

    haha! aneh aneh aneh!!
    tapi kreatip banget,,
    cuma agak males aja untuk mencoba,, hihi
    tapi tetep salut dan keren atas percobaannya ;)

    @nie_inside,, mungkin embun2 itu sama kaya air yang keluar dari ac,, jd harusnya dibawah kipas ada pipa /selang lagi yg mengalirkan air tetesan embun biar ga beleberan

  1. occa Says:

    nice info,,,

  1. Anonim Says:

    asik bro.... tenkyu infonya....
    boleh dicoba nen...
    dipatenin tuh idenya...

Poskan Komentar

Pengunjung yang Baik adalah Selalu meninggalkan Komentar dengan Baik dan Sopan :D